Mesin es tube

gambar produk 1 gambar produk 2 gambar produk 3

Best Product
Mesin es terlaris
Mesin Es Kristal Tipe MET
Apa itu mesin es kristal (bahasa inggris “Ice Tube Machine”) ?. 

Mesin es kristal (bahasa inggris “Ice Tube Machine”) adalah suatu mesin yang dirancang untuk mengubah bentuk air menjadi padatan berupa es batu yang berbentuk tabung dengan lubang di tengah dan fisiknya terlihat bening mengkilat layaknya batu kristal, oleh karena itu disebut es batu kristal. 

Es batu tersebut berbentuk tabung dengan lubang ditengah karena cetakan mesin es ini menggunakan pipa stainless food grade yang tersusun rapi dalam suatu tabung (bahasa inggris “Sheel and Tube”) dengan ukuran dan jumlah pipa yang disesuaikan dengan kapasitas produksi dari mesin es itu sendiri. 

Mesin es tube kami mempunyai beberapa kapasitas produksi diantaranya mesin es tube kapasitas 500 Kg / 24 Jam, 1 Ton/ 24 jam, 2 Ton / 24 Jam, 3 Ton / 24 Jam, 5 Ton / 24 Jam, 8 Ton / 24 Jam, 10 Ton / 24 Jam, 15 Ton / 24 Jam, 20 Ton / 24 Jam, 25 Ton / 24Jam dan ukuran lainnya disesuaikan kebutuhan. 

Es Kristal (bahasa inggris “Ice Tube”) sendiri terbentuk dari proses air yang masuk di dalam pipa stainless food grade dalam tabung tersebut (air mengalir dari atas ke bawah), dimana tabung atau yang dinamakan evaporator ini posisinya berdiri tegak atau vertikal. 

Gas dingin bertekanan dan bersuhu rendah yang masuk diantara ruang pipa dalam tabung akan mengakibatkan air yang mengalir dalam pipa berubah bentuk menjadi es yang menempel dalam permukaan dinding pipa tersebut, dimana secara periodik akan membentuk es batu berbentuk pipa (tube) mengikuti dimensi ruang dalam pipa tersebut. 

Ukuran es batu tube sendiri terdiri dari beberapa ukuran menyesuaikan ukuran pipa dalam tabung (sheel and tube) evaporator yaitu mulai dari ukuran 22mm, 24mm, 28mm, 34mm hingga 40 mm. 

Perbandingan ukuran es batu tube di ilustrasikan gambar di bawah ini(slide gambar no.3)

Mesin es tube terdiri dari beberapa bagian inti diantaranya kondensor, evaporator, kompressor, oil separator akumulator dan beberapa control valve serta panel kontrol logic sebagai pengendali sistem kerja mesin es ini. 

Evaporator berfungsi sebagai media atau tempat pencetak dari es batu tube ini, sedangkan kondensor disini berfungsi sebagai media pendingin oli panas dari mesin kompresor. 

Kondensor mesin es tube terbagi menjadi 2 macam berdasar media pendinginan yaitu kondensor udara dan kondensor air. 

Kompresor merupakan bagian vital dari mesin es tube ini, karena alat ini bertugas untuk memompa media pendingin ke seluruh bagian mesin es tube ini. 

Berikut diagram perpipaan mesin es tube dengan media pendinginan udara (Air Condensor)lihat slide gambar no.5 

Bagian bagian dari mesin es tube yang tertera pada gambar diatas diantaranya (lihat slide gambar no.5) 

GAMBAR desain perpipaan mesin es tube di atas(gambar slide no.5) mengilustrasikan diagram pemipaan dari sirkuit pendingin dan air dari Mesin Es Tube® dengan angka untuk referensi mudah. 

Di seluruh Gambar Ilustrasi ini, nomor yang Anda lihat masuk tanda kurung mengacu pada angka-angka dalam skema perpipaan ini. 

Evaporator / Freezer (2) adalah tabung dengan tipe (vessel) shell dan tube. Selama periode beku, air terus-menerus disirkulasikan kembali melalui tabung vertikal freezer dengan pompa sentrifugal (6). 

Level Air dalam bak air dikendalikan oleh katup pelampung (12) di tangki air bawah (7). Solenoid valve (20), kadang-kadang disebut sebagai Katup "A", terbuka dan katup solenoid (18), kadang-kadang disebut sebagai katup "D", tertutup. 

Gas pendingin dari bagian atas freezer (2) melewati akumulator hisap (88), panas exchanger (13), dan ke kompresor (3). Di sini gas dingin dikompresi ke suhu tinggi, gas bertekanan tinggi yang melepaskan melalui pemisah minyak (14) dan masuk ke kondensor (15). 

Dalam kondensor, panas dibuang dan gas dikondensasikan ke suhu tinggi, cairan bertekanan tinggi. Cairan bertekanan tinggi mengalir melalui akumulator boil out coil (88) dan panas saluran hisap exchanger (13) dimana ia melepaskan panas ke gas hisap untuk proteksi kompresor. 

Sebagai tambahan, cairan ini didinginkan dan dibawa ke penerima (15R). Pendingin cair terkondensasi dari penerima mengalir melalui ruang pencairan (16) dari freezer, filter / pengering (46), "A1" dan "A2" katup umpan cair (20) & (21) dan kemudian katup ekspansi (17) dan kapiler. 

Pada katup ekspansi (17) dan umpan kapiler, refrigeran diambil dari keadaan cair jenuh tekanan yang relatif tinggi dan diperluas ke tekanan yang sangat rendah, cairan suhu rendah. "A2" (21) cairan umpan solenoid dan kapiler ke freezer (2) selama seluruh siklus pembekuan. 

Saklar pelampung (22) ditransfer ke katup solenoid “A1” (20). Saklar pelampung memberi energi dan mematikan daya "A1" solenoid sebagai respons terhadap tingkat refrigeran di dalam freezer. 

Pendingin cairan dingin memasuki freezer di mana ia menyerap panas dari air yang bersirkulasi. 

Gas dingin ini ditarik keluar dari freezer di outlet hisap sehingga menyelesaikan rangkaian. sumber : Ice Tube Machine 

Untuk cara kerja atau prinsip kerja mesin es tube yang lebih lanjut akan dijelaskan di halaman ” cara kerja mesin es tube ” 

*Harga yang tercantum diatas maksudnya harga mesin es kristalnya mulai diatas 100 jutaan keatas.

Informasi lebih lanjut perihal mesin es tube, 

silahkan hubungi kami di : 

Bengkel / Workshop / Pabrik mesin es VESTREF 
Jl.Walisongo Krajan Ketindan Lawang Malang
Simpati 0813-8338-3330  (Telp/WA)